Sabtu, 04 Juli 2009

Morange: IM, Email Client, Web Browser

Di VMANCER Blog Site saya pernah mem-posting artikel yang isinya memperkenalkan secara sekilas mengenai Morange. Pada artikel tersebut, Morange merupakan salah satu software/aplikasi pada ponsel dan web social networking.

Yang saya gunakan adalah morange berupa aplikasi ponsel yang ukuran master aplikasinya berukuran kecil berekstensi .jar (bertipe java), hanya hampir 400 kb. Setelah diinstal akan didapatkan berbagai aplikasi yaitu IM, email client, dan web browser. IM tersebut mendukung G-talk dari Google dan Yahoo Messenger, selain chat dari jaringan Morange sendiri. Email client mendukung segala penyedia jasa kotak surat elektronik berprotokol pop3 dan imap. Web browser cukup handal pun ada disana, yang mampu tabbed browsing. Bahkan opera mini pun belum mampu.

Dengan aplikasi Morange ini, bisa dibilang hampir membawa Meebo berjalan. Meebo adalah internet IM yang mendukung sangat banyak protokol, sehingga dengan memiliki Meebo hampir terhubung ke semua IM yang aktif dalam waktu bersamaan (asalkan anda punya akun-nya). Seperti Meebo yang berada pada ponsel, untuk chat bisa dilakukan secara simultan dan ber-tab (tabbed) sehingga sangat mempermudah chat dengan teman. Tidak salah… chater mengatakan Morange paling enak dipakai asalkan ponsel mendukung.

Morange biasanya berjalan dengan baik pada ponsel yang mampu menjalankan aplikasi java cukup besar karena menggunakan memory temporer besar, klo tidak biasanya akan sangat lambat. Pada ponsel Symbian biasanya tidak masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar