Minggu, 04 April 2010

Wisata pulau eksotis

Di berbagai belahan dunia banyak tempat-tempat menarik yang dijadikan obyek wisata. Ada juga daerah yang masih perawan, belum terkena dampak kemajuan teknologi malahan menjadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi karena keasliannya dan kealamiannya.

 

Berikut adalah beberapa wisata pulau menarik yang diambil dari delgrade.com

 

Tahukah Anda bahwa di berbagai belahan dunia ini terdapat banyak pulau-pulau yang eksotis, unik, menyeramkan, hingga menjadi tempat wisata para turis? Tertarikkah untuk mengetahuinya? Sekedar untuk menambah pengetahuan teman-teman, mari kita simak bersama… :D

 

Ometepe diketahui sebagai pulau tertua yang ada di dunia saat ini. Terbentuk dari dua buah gunung berapi yang menyemburkan lavanya dari danau Nikaragua yang berada di Republik Nikaragua. Ometepe berasal dari bahasa Nahuatl kata ome (dua) dan tepetl (pegunungan), yang artinya adalah dua gunung. Dan nama masing-masing gunung tersebut adalah Concepción dan Maderas.

Ditinggali penduduk yang berjumlah sekitar 35.000 jiwa yang rata-rata bermata pencaharian pertanian dan beternak. Karena eksotisnya pulau ini dilihat dari segi umur dan terbentuknya, Ometepe juga dijadikan sebagai tempat wisata bagi dunia.

 

Ellesmere Island adalah salah satu pulau tertua di dunia yang memiliki suhu yang mencapai puncak titik beku karena letaknya berdekatan dengan kutub utara.

Ellesmere Island  tergolong pulau besar diantara pulau-pulau disekitarnya di wilayah kutub utara yaitu memiliki luas sebesar 196.235 km². Pulau yang terletak di wilayah Kanada berada di sebelah barat Greenland dan dimiliki oleh kepulauan Ratu Elizabeth ini merupakan alam yang tandus dan menjadi tempat “Laboratorium” bagi para pakar Geologi dan Biologi untuk mempelajari ilmu alam dan perubahannya.

 

Peacock Island. Merupakan pulau yang kecil atau lebih dikenal dengan sebutan pulau suci dikarenakan adanya kompleks candi suci Umananda yang dibangun oleh Raja Ahom Assam di Guwahati pada tahun 1594.

Pulau mungil ini berada di tengah sungai Brahmaputra yang sangat luas yang berada di provinsi Assam, India. Diantara candi-candi yang terdapat di Assam, candi pemujaan Dewa Siwa inilah salah satu yang paling banyak diminati oleh pengunjung. Dan untuk mencapai candi tersebut, pengunjung harus menyeberangi sungai dengan perahu ferry dari Kachari ghat yang biasa beroperasi mulai dari jam 07.00-17.00.

 

Spratly Island. Kepulauan yang merupakan rangkaian dari 650 pulau karang yang terletak di laut selatan China, tepatnya diantara Filiphina dan Vietnam. Pulau ini lebih dikenal dengan sebutan “The Spratlys” yang terdiri dari 30.000 pulau dan terumbu karang hingga menyulitkan dari segi geografi, pemerintahan dan ekonomi di wilayah Asia Tenggara. Belum jelas apa potensi dari kepulauan ini, namun sempat terdengar telah dilakukan survey awal dan hasilnya diperkirakan mengandung banyak unsur minyak dan gas bumi. Kabarnya juga sebanyak 45 pulau diantaranya telah ditempati oleh pasukan militer dari berbagai negara diantaranya China, Taiwan, Malaysia, Vietnam, dan Brunei Darussalam sebagai tempat latihan mereka.

 

Dubai’s Large-Scale Sand Art. Emirat Dubai yang kaya raya membangun sejumlah proyek spektakuler yaitu pulau-pulau buatan di lepas pantai Uni Emirat Arab di Teluk Persia yang tertata seperti pohon palem raksasa. Kepulauan ini diyakini akan menjadi proyek reklamasi tanah dan akan menjadi pulau buatan terbesar di dunia. Diantaranya nama pulau-pulau tersebut adalah Palm Jumeirah, Palm Jebel Ali, dan Palm Deira. Setiap pulau berbentuk pohon palem, diatapi sebuah sabit, dan akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap bagi para pengunjungnya seperti hotel mewah, villa, apartement eksklusif di tepi pantai, marina, taman hiburan, restoran, pusat perbelanjaan, fasilitas olah raga dan spa kesehatan.

 

Gunkanjima. Pada awal tahun 1900-an, Gunkanjima merupakan sebuah pulau kecil berukuran 1 KM² yang makmur dikarenakan kekayaan alam yaitu batu bara yang dikelola oleh perusahaan terkenal Mitsubhisi Coorporation. Karena popularitas sumber daya alam yang tinggi, membuat pulau kecil ini dihuni hingga mencapai 6000 jiwa yang rata-rata adalah penambang batu bara.

Namun pada tahun 1974-2009 akhirnya menjadi sebuah pulau mati karena sumber daya alam batu bara yang habis dan ditinggalkan oleh penduduknya. Namun baru-baru ini muncul ketentuan baru, pulau unik ini dibuka untuk para wisatawan. Dan akhirnya pulau ini juga didaftarkan sebagai Situs Warisan Dunia Unesco.

 

Tristan da Cunha saat ini merupakan pulau paling terisolir di dunia. Pulau yang berada di selatan Samudera Atlantik, 2.816 KM dari Afrika Selatan dan 3.360 dari Amerika Selatan ini dikelilingi oleh pegunungan dan laut yang membuat akses ke pulau ini sangat sulit. Belum lagi karakter alam yang sangat tidak bersahabat seperti angin dan ombak yang kencang. Pulau ini ditemukan oleh pelaut Portugis Ilha de Tristão pada tahun 1506. Karena terisolasinya pulau ini menyebabkan tidak adanya landasan pesawat atau pelabuhan untuk sarana transportasi, ditambah lagi dugaan penyakit genetic yang terjadi karena perkimpoian antar-saudara yang membuat pulau ini dilarang untuk para wisatawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar